Benarkah muslim menyembah Kabbah?

Posted on Maret 1, 2009. Filed under: air kehidupan |

seringkali tudingan macam begitu, dilontarkan kepada
kaum muslim, dari orang-orang kafir,
begitu melihat masjidil haram yang didalamnya terdapat
Baitullah, yang merupakan kiblat dan simbol kesatuan muslim sedunia.

sejak semula, Nabi Ibrahim yang merupakan moyang dari 3 agama samawi bersama
anaknya Nabi Ismail, mendirikan Baitullah itu atas perintah Allah SWT

dalam alquran:
Alquran: albaqarah:125

Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian “maqam Ibrahim” tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: “Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i’tikaf, yang ruku’ dan yang sujud”.

selanjutnya:
albaqarah:127

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar-dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan kami terimalah daripada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.

adapun Nabi Muhammad Saw, yang merupakan Nabi Penutup semua Nabi, yang lahir di negri tersebut(Mekka), kemudian mendapat perintah dari Allah untuk memindahkan Kiblat
Ummat Muslim, pada saat itu dari Baitul Maqdis ke Baitullah (Masjidil haram,sekarang)
sesuai dengan yang tersebut dalam firman Allah SWT
sbb:
Alquran: Albaqarah:142)

Orang-orang yang kurang akalnya diantara manusia akan berkata: “Apakah yang memalingkan mereka (umat Islam) dari kiblatnya (Baitul Maqdis) yang dahulu mereka telah berkiblat kepadanya?” Katakanlah: “Kepunyaan Allah-lah timur dan barat; Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya ke jalan yang lurus”.

turunnya ayat tersebut, diwaktu kenabian Nabi besar Muhammad, adalah untuk menangkal tuduhan yang dilontarkan oleh kafir2(nasrani dan jahudi) saat itu, dengan mengolok-ngolok bahwa Tuhan Muslim, Allah SWT ada di tempat tersebut (baitul maqdis)
jugat terutama sekali untuk memberi pengertian bahwa dalam ibadat shalat itu bukanlah arah Baitul Maqdis dan Ka’bah itu menjadi tujuan, tetapi menghadapkan diri kepada Tuhan. Untuk persatuan umat Islam, Allah menjadikan Ka’bah sebagai kiblat.

lihatlah bagaimana, ayat selanjutnya ini turun, untuk kaum yang berfikir
Alquran: Albaqarah:144

“Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya. Dan sesungguhnya orang-orang (Yahudi dan Nasrani) yang diberi Al Kitab (Taurat dan Injil) memang mengetahui, bahwa berpaling ke Masjidil Haram itu adalah benar dari Tuhannya; dan Allah sekali-kali tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.

demikianlah, dengan adanya penjelasan dari ayat diatas,
menangkal semua tuduhan yang dialamatkan kepada kaum muslim,kiranya tuduhan tersebut
untuk melemahkan iman muslim, dan segala upaya untuk mencari2 persamaan, dengan agama mereka yang memang menuhankan patung2 dan gambar yang banyak diluaran sana.

dan inilah Firman Tuhan, Allah SWT
untuk meneguhkan hati muslim.

Alquran: Albaqarah:147)

“Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu”.

Amin, Insyaallah…

wassalam. makkah_-_kabbah

Iklan

Make a Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

25 Tanggapan to “Benarkah muslim menyembah Kabbah?”

RSS Feed for Feriadiisander's Weblog – Air kehidupan Comments RSS Feed

nyembah suka-suka aja mau nyembah batunya Ponari kek gak ada yang ngelarang hwahahaha.
Pada acara kethoprak, theater, ludruk malah salah satu pemain nyembah pemain lainnya
whehehehehehehehe.
Yang penting ada ayatnya berarti perintah Allah swt dijalanin aja selesai. bukan begitu boss.

wach..ternyata ada di wordpress juga…saya ulangi respond ku
Walau Ka’bah banjir atau hancur sekalipun,atau juga hajar aswad hilang ll dech…
Umat islam tetap beribadah kok.
Umat islam tetap naik haji kok.
Wong cuma kiblat toch..ada 2 kiblat.kiblat di palestina nggak berfungsi lagi…soalnya kiblat pertama bagi manusia ..udach aktif lagi.
gitu aja dech

wah, hujjah bwt isagala pindah ke sini yah? 😀

assalamu`alaykum, alhamdulillah khoyr.. gmn kbr mas adi isa?

@Apria

itu namanya syirik..hihihhi
ati-ati lho..

@ayruel Chana

yap, kita tetap nyembah satu yang esa..

@Diya al dien

myq membosankan tanpa Isagala..hihihhi
kabar bailah mbak diya…
tks, masih sering intip2 blog kang adi

Subhanallah…

@ adi isa

tambahan buat kita2 islam

sebenarnya Allah sudah punya rencana yang matang buat manusia hanya saja terkadang kita tidak menyadari dengan rencana Allah

pertama kali Ka’bah dibangun oleh nabi adam as. yang selanjutnya disempurnakan kembali oleh nabi ibrahim as dan putranya nabi ismail as.

Ka’bah dibangun berdasarkan ketentuan Allah agar kaum muslimin kalau sholat hanya satu arah saja tidak lebih dari itu, seandainya Ka’bah tidak ada kaum muslimin tetap aja sholat menghadap kesana hihihi
apa yang dituduhkan oleh kaum nasrani tentang bahwa umat islam menyembah Ka’bah tidak punya dalil apapun.

kalau pertanyaan ini diajukan kepada saya oleh seorang nasrani saya akan jawab sepele saja yaitu: bagaimana dengan mukmin yang sholat ketika berada dipesawat yang arahnya ke london atau ke moskow nah pasti nasrani akan bingung jawabnya padahal Rasulullah telah mengajarkan kepada kita bukan?

ketika seorang mukmin naik kendaraan dan waktu sholat masuk maka mukmin tadi sholat menghadap kemana arah kendaraan tersebut menghadap. bukankah begitu?! kalau ada diantara teman mas adi yang nasrani mengatakan bahwa mukmin itu menyembah Ka’bah jawab aja dengan alasan ini dia akan bingung sendiri dalil ini bersumber dari nabi dan dalil ini merupakan salah satu jurus pemungkasnya hehehe

salam

“Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu”.

Amin, Insyaallah…

nice…
semua itu mesti…
dan kita harus…

ALLAHU AKBAR !!!

salam hangat

Allahu Akbar

kita tidak menyembah berhala dalam bentuk apa pun.
entah ia ka’bah, kubah masjid, salib, garuda pancasila, dan makhluk-makhluk lainnya.

Hanya Allah yang wajib disembah.

SALAM HANGAT,

ass… mas adi ..
jujur mas artikel yang mas buat enak sekali dibaca bagi saya benr juga koment2nya bahwa mau dimanakah kabah ada atau tidak umat Islam pasti tetap tahu yang ESA yang patut disembah.
makasih mas atas pencerhan dan semoga saya tidak terjerus dalam doktrin2 yang neyesatkan.
kalau boleh bertanya bagaimana mas adi melihat kondisi indonesia sekarang ini dilihat dari sudut padang keisalam?

ambillah apa yang bermanfaat dirumah ini bro

wah, saya nggak tau ya, kapasitas saya sebagai apa nih?

tapi dari sudut pandang saya pribadi, keislaman orang indonesia itu,
penuh warna dan keragamanan. apalagi dengan kencangnya arus informasi dan trrnaspormasi, saat ini, kita lebih banyak melihat kulit luar saja. tapi secara isi, dan kedalaman ilmu masih tertinggal, sehingga kadang orang islam sering dijerusmuskan dengan aliran-aliran sesat yang membonceng embel-embel islam.
gitu aja kali bro, mungkin ada yan gperlu diluruskan dari yang lainnya.

pasti tidak! kenapa…??
dalam sejarah berkali-kali, ka’bah terbakar gara2 perang dan kebanjiran jaman Umawi en Abbasi (artinya senadainya ka’bah roboh!!!), tidak mengahalangi arah(qiblah) kaum muslimin!!!
Bukankah sebelum adanya ajaran AlMusthofa Muhammad SAW juaga
juga ada konsep arah kiblat? Misale bait dibangun Sulaiman
Sulaiman as??? Bahkan sekte Ebionites Kristen pun
melakukan hal yg sama???

diluar sana ada banyak orang yg bilang muslim itu menyembah batu/kotak. reaksi pertama aku? geli dan kasihan terhadap org tak berilmu yg bilang demikian. sumber mereka tentang itu mungkin dua bro adi, dari robert morey atau amos. tapi segera ada yg membantah pandangan konyol kaum kafir itu, siapa? dari kaum terpelajar dan ahli2 teolog dari kalangan mereka sendiri yang kini menjadi muslim!siapa? ada irene handono, insan mokoginta, tawfiq idris, jerald f dirk dll.. hehehehe…maha benar Allah, maha besar Allah yg tak tidur dan terus menerus mengawasi makhluknya…

Howdy I’m Maria and I’ve been an avid reader of the forum for a while and I think it’s time that I said Hey and introduced myself. I’m 22 and run a fitness equipment company with my sister and live in sunny San Diego, CA with my 2 wonderful kids. I love running and tennis but hate seafood…and I guess that’s all you need to know http://www.mysmiley.net/imgs/smile/happy/happy0071.gif

Alhamdulillah, dengan ini insha Allah kita tidak akan ragu lagi…

numpang ngintip bos…
Top dah buat bos Adi…

Salam hangat dari gw…

Anyone need backlinks to your site? We can get you a ton of of anchor text links. e-mail: webmaster@spreadrumers.com. Dueces!

This is my problem…

Superb website, I like how your website looks! The layout is amazing!…

well, thanks back to you

Life goes on…

In three words I can sum up everything I have learned about life: It goes on….

so do i’m

Never place your UGG Boots in a really washing machine. I use a cleaner straight from your Knitted UGG Boots producer but you may get this from the store that sells

Uggs. Make particular the cleaner you purchase especially states it could possibly be employed on sheepskin.UrDornen search for out life.Ugg Shoes Ju the courageous selection and to mp more

than a different place of view.ugg classic short boots just isnÂĄÂŻt ablaze. 18-carat utilize environmenalpiney affable coveringings along with additives, accoutrement

agleam is definitely so ablaze, animate blushs in addition to bendable. only reported by fable, In the calendar year 1933, one particular accession stated abject Ugg Sheepskin Boots started to capacity ugg

shoes or boots within the country side western involving Sydney. after this individual retired satisfactory, the following 59 yoa surfing aficionados can certainly blemish his / her able

time frame that will unt your after-aftereffects?

😀

promotion or?


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d blogger menyukai ini: